IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2015 TERHADAP KINERJA SDM PT PELINDO TERMINAL PETIKEMAS

MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2015 TERHADAP KINERJA SDM

  • Evi Astuti
  • Sumarzen Marzuki
Keywords: KINERJA SDM

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015
terhadap kinerja SDM PT Pelindo Terminal Petikemas”. Adapun tujuan dari
peneilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem manajemen
mutu ISO 9001 : 2015 terhadap kinerja SDM PT Pelindo Terminal Petikemas.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah 80 orang dari 408 populasi yang diambil menggunakan metode
Sampling Insidental (Sampel kebetulan). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah angket dan dokumentasi yang analisisnya menggunakan rumus
regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 24.0. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,646 yang menunjukkan bahwa
penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 (variabel X) dan Kinerja SDM
(variabel Y) tergolong kuat atau tinggi. Hasil uji F terbukti bahwa Fhitung 70.332>
Ftabel 3,94 maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dengan
demikian, dapat dinyatakan bahwa penerapan sistem manajemen mutu ISO
9001:2015 memiliki pengaruh tinggi terhadap kinerja SDM di PT Pelindo Terminal
Petikemas. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,418,
yang mengandung pengertian bahwa persentase variable independen
mempengaruhi variabel dependen sebanyak 41%. Hasil ini menunjukkan bahwa
sebesar 41% penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 berpengaruh
terhadap kinerja SDM PT Pelindo Terminal Petikemas dan sisanya 59%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Kata kunci: Implementasi ISO 9001:2015, Kinerja SDM , Kompetensi, Budaya

Published
2024-01-18