PENGARUH SERVICE QUALITY,CORPORATE IMAGE,DAN TRUST TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PT ANDALAN PACIFIC SAMUDRA
Abstract
Perkembangan dunia usaha yang makin maju,tentu menjadi sebuah ancaman bagi pelaku dunia usaha. Banyaknya pelaku pesaing merupakan salah satu ancaman yang perlu diperhatikan. Dalam persaingan yang semakin banyak pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi harapan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dibandingkan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui " Service Quality, Corporate Image dan Trust Terhadap Customer Satisfaction PT. Andalan Pacific Samudra". Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dan teknik analisis data menggunaka regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian yaitu 32 pelanggan pada PT. Andalan Pacific Samudra. Menggunakan teknik sample jenuh atau sensus dengan demikian jumlah sampel pada penelitian in sebanyak 32 responden diambil dari seluruh populasi. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa: (1) service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 2,347 > 2,045 serta nilai Sig, 026 < 0,05; (2) corporate image berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 2,461 > 2,045 serta nilai Sig. 0,020 < 0,05; (3) trust berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar - 1,704 < 2,045 serta nilai Sig.0,099 >
0,05. (4) service quality, corporate image, dan trust berpengaruh secara simultan terhadap customer satisfaction yang telah dibuktikan oleh Uji Simultan (Uji F) sebesar 3,025 > 2,290. (5) pada uji koefisien determinan, variable service quality, corporate image, dan trust berpengaruh terhadap customer satisfaction memiliki nilai Adj. R Square sebesar 0,164 atau 16,4% dan dinyatakan ketiga variabel tersebut moderat.
Kata Kunci : Service Quality, Corporate Image, Trust, Customer Satisfaction