PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMODERASI PENGALAMAN BELANJA PRODUK FASHION TIKTOKSHOP

  • Irvania Pramuswari Stiamak Barunawati Surabaya
  • Indriana Kristiawati Stiamak Barunawati Surabaya
  • Juli Prastyorini Stiamak Barunawati Surabaya
  • Mudayat Mudayat Stiamak Barunawati Surabaya

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya tren belanja online melalui media sosial kian meningkat. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Tiktok. Dengan adanya platform tersebut penjual dapat memasarkan produk dengan mudah dan cepat. Saat akan berbelanja sering kali calon konsumen dihadapkan dengan keraguan sebelum memutuskan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen sebelum memutuskan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel penelitian ini terdiri dari 100 orang. Penelitian ini menggunakan model Moderated Regression Analysis (MRA) dan Analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada konsumen Tiktokshop, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktokshop, pengalaman belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktokshop, pengalaman belanja tidak berperan dalam memoderasi hubungan antara kualitas informasi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktokshop, pengalaman belanja tidak berperan dalam memoderasi hubungan antara kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktokshop, berdasarkan nilai cronbach alpha kurang dari ≤ 0,7, sehingga indikator variabel pengalaman belanja dikatakan tidak reliable. Maka penelitian ini bersifat exploratory.

Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Belanja, Tiktokshop.

Published
2024-04-24