https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/issue/feed JUTRANIS 2025-09-24T13:29:30+07:00 LPPM STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA library@stiamak.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Administrasi Bisnis (JUTRANIS) adalah jurnal ilmiah 6 bulanan yang memuat karya Mahasiswa di Bidang ilmu Administrasi dan manajemen bisnis, secara khusus bertujuan untuk mengumpulkan karya-karya mahasiswa berkualitas dibidang administrasi bisnis dan manajemen kepelabuhanan serta logistik.</p> https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/260 CUSTOMER REVIEW, INFLUENCER ENDORSEMENT, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN : TRUST DALAM PERAN MODERASI 2025-09-24T13:29:30+07:00 Siti Nur Ulfa Romadhani gaulfa21@gmail.com Juli Prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna77@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>customer review</em>, <em>influencer endorsement</em>, dan <em>soscial media marketing</em> terhadap keputusan pembelian dengan trust sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Sumenep yang pernah melakukan pembelian di Damala Kitchen. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan model <em>Moderated Regression Analysis</em> (MRA) dan analisis <em>Structural Equation Model </em>(SEM) berbasis <em>Partial Least Square</em> dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>customer review </em>tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan <em>influencer endorsement </em>dan <em>social media marketing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Selanjutnya, <em>trust </em>dapat memoderasi pengaruh <em>influencer endorsement </em>terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan <em>trust </em>tidak dapat memoderasi pengaruh <em>customer review </em>dan <em>social media marketing </em>terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen.</p> <p><strong>Kata Kunci: <em>Customer Review</em>; <em>Influencer Endorsement</em>; Keputusan Pembelian; <em>Social Media Marketing</em>; <em>Trust</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> 2025-09-24T13:29:06+07:00 ##submission.copyrightStatement##