https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/issue/feed JUTRANIS 2025-12-05T12:01:25+07:00 LPPM STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA library@stiamak.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Administrasi Bisnis (JUTRANIS) adalah jurnal ilmiah 6 bulanan yang memuat karya Mahasiswa di Bidang ilmu Administrasi dan manajemen bisnis, secara khusus bertujuan untuk mengumpulkan karya-karya mahasiswa berkualitas dibidang administrasi bisnis dan manajemen kepelabuhanan serta logistik.</p> https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/260 CUSTOMER REVIEW, INFLUENCER ENDORSEMENT, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN : TRUST DALAM PERAN MODERASI 2025-09-24T13:29:30+07:00 Siti Nur Ulfa Romadhani gaulfa21@gmail.com Juli Prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna77@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>customer review</em>, <em>influencer endorsement</em>, dan <em>soscial media marketing</em> terhadap keputusan pembelian dengan trust sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Sumenep yang pernah melakukan pembelian di Damala Kitchen. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan model <em>Moderated Regression Analysis</em> (MRA) dan analisis <em>Structural Equation Model </em>(SEM) berbasis <em>Partial Least Square</em> dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>customer review </em>tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan <em>influencer endorsement </em>dan <em>social media marketing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Selanjutnya, <em>trust </em>dapat memoderasi pengaruh <em>influencer endorsement </em>terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan <em>trust </em>tidak dapat memoderasi pengaruh <em>customer review </em>dan <em>social media marketing </em>terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen.</p> <p><strong>Kata Kunci: <em>Customer Review</em>; <em>Influencer Endorsement</em>; Keputusan Pembelian; <em>Social Media Marketing</em>; <em>Trust</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> 2025-09-24T13:29:06+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/282 DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM DI SURABAYA UTARA DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI 2025-10-31T12:43:49+07:00 Hanifah Belen Fauziyyah hanifahbelen.48@gmail.com Juli Prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna77@gmail.com <p>Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk memperluas fungsi <br>pemasaran. Strategi ini mempermudah pelaku bisnis terutama UMKM dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dan <br>memasarkan produk. Selain digital marketing, brand awareness juga penting sebagai pengenal produk kepada pelanggan yang <br>dapat mempengaruhi sebuah keputusan pembelian. Penelitian brtujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan <br>brand Awareness terhadap keputusan pembelian dengan adanya promosi sebagai variabel moderasi. Penelitian kuantitatif ini <br>menggunakan metodel SEM dan MRA melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital <br>marketing, brand awareness, daan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara <br>promosi sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada hubungan antara digital marketing dan brand <br>awareness terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran pada <br>UMKM. <br>Kata Kunci: Brand Awareness; Digital Marketing; Keputusan Pembelian; Promosi; UMKM.</p> 2025-10-31T12:43:49+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/283 PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN, DAN HARGA YANG KOMPETITIF TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT. LINTAS TRANS LOGISTIK 2025-10-31T14:06:40+07:00 Kiki Dwi Putri kikidwp@gamil.com Dian Arisanti dian.arisanti@stiamak.ac.id Indriana Kristiawati indriana.k@stiamak.ac.id Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id <p>Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif saat ini, mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan hal yang krusial bagi keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas layanan, ketepatan waktu pengiriman, dan harga yang kompetitif terhadap loyalitas pelanggan di PT. Lintas Trans Logistik, Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 45 responden yang merupakan pelanggan PT. Lintas Trans Logistik. Data dianalisis menggunakan software SPSS versi 29 untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing variabel terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan (X1) dan Harga Yang Kompetitif (X3) secara signifikan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Namun, Ketepatan Waktu Pengiriman (X2) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam konteks perusahaan ini. Hasil penelitian ini konsisten dengan <em>grand theory of consumer behavior</em> yang menekankan pentingnya faktor-faktor seperti kepuasan pelanggan dalam membangun loyalitas. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa PT. Lintas Trans Logistik dapat meningkatkan strategi pemasaran dan layanan mereka dengan fokus pada peningkatan kualitas layanan dan penetapan harga yang kompetitif untuk memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Kualitas Pelayanan;Ketepatan Waktu Pengiriman;Harga Yang Kompetitif;Loyalitas Pelanggan.</p> 2025-10-31T14:06:40+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/284 PENGARUH ATMOSFER CAFE, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFE LOT#1 2025-10-31T14:17:21+07:00 Alfredo Sila Fransisco Ipir alfredoipir26@gmail.com Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna77@gmail.com Indriana Kristiawati indriana.k@stiamak.ac.id Dian Arisanti dian.arisanti@stiamak.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji pengaruh atmosfer kafe, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di <em>Cafe</em> Lot#1. Dalam bisnis makanan dan minuman yang kompetitif, kepuasan pelanggan adalah kunci keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan <em>Expectancy Disconfirmation Theory</em> untuk menganalisis bagaimana faktor-faktor tersebut secara simultan memengaruhi kepuasan pelanggan. <em>Atmosfer Cafe</em> menciptakan pengalaman sensorik, kualitas produk mencakup atribut rasa dan presentasi, sementara pelayanan melibatkan interaksi staf yang ramah dan efisien. <em>Cafe</em> Lot#1, yang dikenal dengan konsep mewah dan pemandangan kolam renang di Surabaya Timur, menjadi studi kasus menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh individu serta simultan dari atmosfer, kualitas produk, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan empiris bagi manajemen <em>Cafe</em> Lot#1 dan pelaku bisnis kafe lainnya untuk meningkatkan strategi operasional dan pemasaran. Hal ini di karenakan penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda sebagai metode analisis, dengan begitu hasil dari penelitian ini memperlihatkan jika dari variabel <em>Atmosfer Cafe</em>, Kualitas Produk dan Pelayanan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di <em>Cafe</em> Lot#1.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Atmosfer Cafe, Kualitas Produk, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan</em></p> 2025-10-31T14:17:20+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/285 PENGARUH KEPUASAN, MOTIVASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA (TPS) 2025-10-31T15:44:25+07:00 Tarisya Dinda Oktaviani oktavianitarisyadinda@gmail.com Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id Juli Prasetyorini mudayat@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Masalah sumber daya manusia masih menjadi yang terdepan agar perusahaan dapat bertahan di era globalisasi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Studi ini termasuk pada jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sejumlah 80 responden yang nantinya hasil jawaban tersebut akan diuji keabsahannya serta analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi berganda, uji t dan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) baik secara parsial maupun simultan. Selanjutnya kemampuan variabel kepuasan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi dalam mempengaruhi kinerja karyawan adalah sebesar 48,1%, sedangkan 51,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lainnya yang tidak dikaji pada penelitian ini.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kepuasan Kerja; Motivasi; Budaya Organisasi; Kinerja Karyawan.</p> 2025-10-31T15:44:25+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/289 PENGARUH IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP EFISIENSI OPERASIONALPT. PELINDO REGIONAL 3 2025-11-12T16:39:29+07:00 Yogi Septian yogiseptian085@gmail.com Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Juli prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p>PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3, salah satu perusahaan yang memainkan peran penting dalam <br>pengelolaan pelabuhan di Indonesia. Di tengah perkembangan era digital, perusahaan pelabuhan menghadapi tantangan untuk <br>tetap kompetitif dengan memanfaatkan TI dan SIM secara efektif. Penelitian ini mengidentifikasi bagaimana adopsi <br>teknologi seperti Internet of Things (IoT), blockchain, dan analitik data dapat meningkatkan efisiensi operasional, termasuk <br>pengurangan biaya, percepatan proses, dan peningkatan produktivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan <br>kuantitatif dengan desain survei dan studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pegawai PT. <br>Pelindo Regional 3 divisi pelayanan SDM &amp; UMUM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi TI, seperti IoT <br>untuk pelacakan real-time dan blockchain untuk transparansi transaksi, memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan <br>efisiensi operasional. Sistem informasi manajemen yang terintegrasi juga berperan penting dalam memastikan bahwa <br>teknologi yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan dapat meningkatkan integrasi serta aliran informasi yang <br>efisien. <br>Kata Kunci:Teknologi Informasi; Sistem Informasi Manajemen; Efisiensi</p> 2025-11-12T16:39:29+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/290 PENGARUH HARGA BAHAN BAKAR DAN TARIF FREIGHT MUATAN BATU BARA TERHADAP KINERJA MUAT KAPAL TUGBOAT DAN TONGKANG PADA PT. SARANA ANUGERAH SAMUDRA 2025-11-12T17:11:00+07:00 Andi Putro Bagus Utomo andi1983@gmail.com Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Indriana Kristiawati indriana.k@stiamak.ac.id Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id <p>“Dalam konteks berkembangnya industri pertambangan dan permintaan pasar global, volume pengangkutan hasil tambang melalui <br>transportasi laut mengalami peningkatan signifikan khususnya muatan batu bara. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak <br>harga bahan bakar terhadap tarif freight muatan terhadap kinerja muat kapal Tugboat dan Tongkang. Melalui analisis regresi linear <br>menggunakan SPSS 27, penelitian ini menunjukkan bahwa harga bahan bakar berpengaruh signifikan terhadap kinerja muat kapal, <br>dengan nilai t hitung 4,845 yang menegaskan penerimaan hipotesis pertama. Namun, pengaruh tarif freight batu bara tidak terbukti <br>signifikan terhadap kinerja muat kapal, diindikasikan dari nilai t hitung yang lebih kecil dari t tabel 2,052, sehingga hipotesis kedua <br>ditolak. Secara keseluruhan, hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa secara bersamaan, harga bahan bakar dan tarif freight batu <br>bara secara signifikan memengaruhi kinerja muat kapal. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 51,2%, penelitian ini juga <br>memberikan gambaran mengenai sejauh mana variabel harga bahan bakar dan tarif freight batu bara mempengaruhi kinerja muat kapal <br>secara bersama-sama. Sisa varians sebesar 48,8% menunjukkan adanya pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam <br>penelitian ini, memperlihatkan kompleksitas yang mungkin terjadi dalam konteks industri pertambangan dan transportasi laut." <br>Kata Kunci : Bahan Bakar, Tarif Freight Batu Bara, Kinerja Muat, Tugboat dan Tongkang</p> 2025-11-12T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/291 PENGARUH KINERJA OPERATOR DAN CONTAINER CRANE TERHADAP PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT DI PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA 2025-11-13T12:34:23+07:00 Awan Bermuda awanbermuda090803@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya arus peti kemas di PT. Terminal Petikemas Surabaya yang menuntut efisiensi proses bongkar muat sebagai bagian dari peningkatan produktivitas pelabuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja operator dan container crane, baik secara parsial maupun simultan terhadap produktivitas bongkar muat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui kuesioner terhadap 64 operator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kinerja operator dan container crane berpengaruh signifikan terhadap produktivitas bongkar muat. Namun secara parsial, hanya container crane yang berpengaruh signifikan, sedangkan kinerja operator tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa optimalisasi peralatan memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi operasional pelabuhan.</p> <p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Kinerja Operator; Container Crane; Produktivitas Bongkar Muat</em></p> 2025-11-13T12:34:23+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/292 PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN OPERASIONAL DI PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA 2025-11-13T15:39:27+07:00 Rifaldi Pasuma rifaldipasuma25@gmail.com Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di Departemen Operasional PT Terminal Petikemas Surabaya. Fenomena yang mendasari penelitian ini adalah pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam menunjang daya saing perusahaan di tengah persaingan global. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sebanyak 64 responden ditentukan melalui rumus Slovin dari total populasi 180 karyawan. Data dikumpulkan&nbsp; melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan. Uji F menunjukkan keduanya berpengaruh secara simultan. Temuan ini menyarankan bahwa peningkatan motivasi dan kedisiplinan karyawan merupakan kunci dalam meningkatkan kinerja perusahaan.</p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan</em></p> 2025-11-13T15:39:27+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/293 PENGARUH WORKLOAD DAN BURNOUT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT TERMINAL TELUK LAMONG 2025-11-26T09:42:34+07:00 Veny Octavia octaviaveny10@gmail.com Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>Workload</em> dan <em>Burnout</em> terhadap Kinerja Karyawan pada PT Terminal Teluk Lamong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 73 orang menggunakan analisia data SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Workload </em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. <em>Burnout </em>juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Secara simultan, <em>Workload</em> dan <em>Burnout </em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini menunjukkan pentingnya manajemen untuk mengelola beban kerja secara proposional serta menyediakan dukungan bagi karyawan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam merumuskan kebijakan manajemen sumber daya manusia yang lebih efektif dan berkelanjutan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Workload, Burnout, </em>dan Kinerja Karyawan</p> 2025-11-13T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/299 PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, LINGKUNGAN KERJA, DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN DI PT. JANUARDI LOGISTIK SURABAYA 2025-11-28T10:48:16+07:00 Ira Cholila iracholila@gmail.com Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meyti1977oppo@gmail.com <p>Komitmen yang diberikan organisasi pada setiap karyawan harus diwujudkan agar tujuan <br>perusahaan tercapai sesuai keinginan bersama. Namun komitmen ini tidak terjadi secara tiba – tiba <br>melainkan adanya proses yang panjang disebabkan oleh faktor – faktor. Faktor tersebut antara lain <br>pengembangan karir, lingkungan kerja, employee engagement. Oleh karena itu, penulis meneliti <br>dengan judul pengaruh pengembangan karir, lingkungan kerja, employee engagement terhadap <br>komitmen organisasi karyawan PT. Januardi Logistik Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode <br>analisis regresi linear berganda. <br>Hasil penelitian ini yakni : Tidak ada pengaruh antara variabel pengembangan karir terhadap <br>komitmen organisasi karyawan di PT. Januardi Logistik Surabaya. Ada pengaruh antara variabel <br>lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan di PT. Januardi Logistik Surabaya. Ada <br>pengaruh antara variabel employee engagement terhadap komitmen organisasi karyawan di PT. <br>Januardi Logistik Surabaya. Ada pengaruh antara variabel pengembangan karir, lingkungan kerja ,dan <br>employee engagement secara simultan (bersama-sama) terhadap komitmen organisasi karyawan di PT. <br>Januardi Logistik Surabaya. Dengan pengaruh dominan variabel employe engagement. <br>Kata Kunci : Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja, Employee Engagement, Komitmen Organisasi</p> 2025-11-28T10:48:16+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/300 PENGARUH KOMPETENSI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. LINTAS KUMALA ABADI 2025-11-28T11:36:25+07:00 Abdul Jalil jalil.putra002@gmail.com Indriana Kristiawati indriana.k@stiamak.ac.id Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Dian Arisanti dian.arisanti@stiamak.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi terhadap disiplin kerja; (2) pengaruh pengalaman kerja terhadap disiplin kerja; (3) pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan; (4) pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan; (5) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan; (6) pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan melalui disiplin kerja; (7) pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja kinerja karyawan melalui disiplin kerja. Populasi dari penelitian ini sebesar 82 karyawan PT. Lintas Kumala Abadi, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 68 responden menggunakan metode penentuan sampel menggunakan rumus slovin.Analisis data menggunakan analisis jalur. :Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh terhadap disiplin kerja. Pengalaman kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja. Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja karyawan.Pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Disiplin kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Disiplin kerja dapat memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan.</p> <p>Kata Kunci : Kompetensi, Pengalaman Kerja, Kedisiplinan, Kinerja Karyawan.</p> 2025-11-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/301 PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA SUPPLIER VICTORY TOYS SURABAYA 2025-11-28T12:02:25+07:00 Ashlah Syukriya ashlahsyukriya14@gmail.com Juli Prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meyti1977oppo@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan aplikasi <em>smartpls</em> 4.0 untuk olah data, sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden pelanggan Supplier Victory Toys Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Z), kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Z), harga (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), kepuasan pelanggan (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), harga (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) melalui kepuasan pelanggan (Z), dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) melaui kepuasan pelanggan (Z).</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Harga; Kepuasan Pelanggan; Kualitas Produk; Loyalitas Pelanggan.</p> 2025-11-28T12:02:25+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/302 PENGARUH PROSEDUR KERJA, WAKTU DAN TENAGA KERJATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT IDT TRANS AGENCY SURABAYA 2025-11-28T14:14:28+07:00 Adinda Damayanti adinda@gmail.com Meyti Hanna Ester Kalangi meyti1977oppo@gmail.com Juli Prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh prosedur kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh waktu secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh Tenaga Kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta untuk menguji dan menganalisis pengaruh Prosedur Kerja, Tenaga Kerja, dan Waktu secara simultan dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. IDT Trans Agency Surabaya. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 orang. Kemudian diolah menggunakan <em>software </em>SPSS dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determniasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa prosedur kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, waktu secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, tenaga kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, prosedur kerja, tenaga kerja, serta waktu dapat secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. IDT Trans Agency Surabaya.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci : </strong><em>Kepuasan Pelanggan</em><em>;</em><em> Prosedur Kerja</em><em>;</em><em> Tenaga Kerj</em><em>a;</em><em> Wakt</em><em>u.</em></p> 2025-11-28T14:14:28+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/303 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. PENTAGON LOGISTICS DENGAN UPAH KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI 2025-12-03T15:39:24+07:00 Dwiky Panjalu Titis Permadi dwikypanjalu35@gmail.com Juli Prasetyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Gugus Wijonarko gugus.wijanarko@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna@gmail.com <p>Dalam melakukan persaingan bidang usaha yang terjadi di era globalisasi sebuah perusahaan harus memiliki keunggulan untuk dapat terus bertahan pada pelayanan dan jasa yang mereka tawarkan pada pelanggan. Salah satu hal utama yang harus dilakukan untuk meraih keunggulan bersaing tersebut adalah elektabilitas dengan kinerja karyawan yang mumpuni. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh antara lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Pentagon Logistics dengan upah kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja PT Pentagon Logistics dengan upah kerja sebagai variabel moderasi.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pentagon Logistics dan di sampling menggunakan sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 120. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja dan disiplin kerja sebagai variabel bebas, kinerja karyawan sebagai variabel terikat dan upah kerja sebagai variabel moderasi. Sebelum data dianalisis dilakukan pengujian kualitas data konvergen dan diskriminan serta diuji dengan <em>path coefficients</em> dengan menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil olah data validitas menunjukan bahwa data yang digunakan valid dan bersifat reliabel.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) lingkungan kerja (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap lingkungan kerja (Y) dengan nilai <em>P-Value </em>0.006&lt;0.05 dan nilai koefisien jalur adalah 0.238 (positif). (2) disiplin kerja (X2) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai <em>P-Value</em> sebesar 0.247&gt;0.005 dan nilai koefisien jalur adalah 0.089 (positif). (3) upah kerja (Z) memperkuat pengaruh lingkungan kerja (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai <em>P-Value </em>sebesar<em> 0.356&gt;0.05</em> dan koefisien jalur sebesar 0.086 (positif). (4) upah kerja (Z) memperlemah pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai <em>P-Value </em>sebesar 0.687&gt;0.05 dan koefisien jalur sebesar -0.039 (Negatif).</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>lingkungan kerja, disiplin kerja, upah kerja, kinerja karyawan</p> 2025-12-03T15:39:24+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/304 PENGARUH MOTIVASI DAN MANAJEMEN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN, DIMEDIASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (STUDI DI PT TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA) 2025-12-04T17:26:35+07:00 Muhammad Fahmi Irfansyah fahmiirfansyah9@gmail.com Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna77@gmail.com Indriana Kristiawati indriana.k@stiamak.ac.id Dian Arisanti dian.arisanti@stiamak.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh capaian kinerja PT Terminal Petikemas Surabaya pada 2024 yang melampaui target dengan menangani 120.857 TEUs (101,61%). Namun, pada Januari 2025 terjadi penurunan arus petikemas sekitar 6,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kinerja karyawan, dengan kepemimpinan transformasional sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 150 tenaga kerja bongkar muat. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan manajemen K3 berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional terbukti memperkuat hubungan antara motivasi dan manajemen K3 terhadap peningkatan kinerja karyawan di lingkungan kerja bongkar muat.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Motivasi, Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Karyawan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Abstract</em></p> <p>This study is motivated by the performance achievement of PT Terminal Petikemas Surabaya in 2024, which exceeded its target by handling 120,857 TEUs (101.61%). However, in January 2025, container flow declined by approximately 6.8% compared to the same period in the previous year. This research aims to analyze the influence of motivation and occupational health and safety (OHS) management on employee performance, with transformational leadership as a mediating variable. A quantitative approach was employed, with data collected through questionnaires distributed to 150 active stevedoring workers. Data analysis was conducted using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS software. The results indicate that motivation and OHS management have a significant effect on employee performance, both directly and indirectly through transformational leadership. Transformational leadership is proven to strengthen the influence of motivation and OHS management on improving employee performance in the stevedoring work environment.</p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Motivation, Occupational Health and Safety (OHS) Management, Transformational Leadership, Employee Performance.</em></p> 2025-12-04T17:26:34+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/305 PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI CUSTOMER SERVICE QUALITY PADA PT. SENJANI TEKNO BOGA SURABAYA 2025-12-05T12:01:25+07:00 Indar Yuniarsih indaryuniarsih020602@gmail.com Indriana Kristiawati indriana.k@stiamak.ac.id Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Dian Arisanti dian.arisanti@stiamak.ac.id <p>Kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai evaluasi pasca pembelian yang secara relatif dipilih untuk melampaui, atau setidaknya melebihi, harapan pelanggan atau konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>customer engagement</em> terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Senjani Tekno Boga melalui <em>qustomer service quality. </em>Penelitian ini menyasar 85 pelanggan aktif di wilayah Surabaya dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan <em>customer engagement </em>terhadap kepuasan memiliki nilai t-statistic 10,319 &gt; 1,96 dan p-value 0,000 &lt; 0,05. customer engagement terhadap customer service quality memiliki nilai t-statistic 28,799 &gt; 1,96 dan p-value 0,000 &lt; 0,05. customer service quality terhadap kepuasan pelanggan memiliki nilai t-statistic 14,211 &gt;1,96 dan p-value 0,000 &lt; 0,05. customer engagement terhadap kepuasan pelanggan melalui customer service quality memiliki nilai t-statistic 10,319 &gt; 1,96 dan p-value 0,000 &lt; 0,05.&nbsp; memediasi pengaruh customer engagement terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulannya adalah bahwa <em>customer engagement</em> memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui <em>customer service quality</em> sebagai mediasi.</p> <p><strong><em>Kata Kunci : </em></strong><em>Customer Engagement; Kepuasan Pelanggan; Customer Sevice Quality; dan Mediasi.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Abstract</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Customer satisfaction is defined as a post-purchase evaluation that is relatively selected to exceed, or at least exceeding, customer or consumer expectations. The aim of this research is to find out the impact of customer engagement on customer satisfaction in PT. Senjani Tekno Boga through customer service quality. The study targeted 85 active clients in the region of Surabaya using the survey method. Customer engagement to customer service quality has a t-statistic value of 28,799 &gt; 1,96 and p-value of 0,000 &gt; 0,05. Customer service quality to customer satisfaction has a statistic t-values of 14,211 &gt; 1,96, and the customer engagement to client satisfaction through customer service is 10,319 &gt; 1.96 and the p- Value is 0,000 &lt; 0.05. The conclusion is that customer engagement has a significant influence on customer satisfaction through customer service quality as a mediation.</em></p> <p><strong><em>Keywords : </em></strong><em>Customer Engagement; Customer Satisfaction; Customer Service Quality; and Mediation.</em></p> 2025-12-05T12:01:25+07:00 ##submission.copyrightStatement##